Bismillahirrahmanirrahim

 

BUKU PAK MUH

Sejauh ini telah diterbitkan dua buah buku karangan Pak Muh yang berhubungan dengan Tasawwuf yang turut memperkaya khazanah pustaka Islam di Indonesia :

QASIDAH CINTA (Kumpulan Puisi Tasawwuf)
Penerbit PUSTAKA, Bandung. 138 hal. Cetakan pertama 1993.
Sebuah buku kumpulan puisi karya Pak Muh yang pertama ini berisi 113 puisi ditambah sebuah ringkasan konsep kesufian yang melatari puisi-puisinya dan sebuah Peta Rububiyah. Kata Pengantar buku ini diberikan oleh Armahedi Mazar, seorang tokoh integralisme dari Bandung.
 

LANGIT LANGIT DESA (Kumpulan Cerita Hikmah)
Penerbit MIZAN, Bandung. 200 hal. Cetakan pertama 1993.
Buku kedua karangan Pak Muh ini berisi kumpulan anekdot-anekdot yang mengandung hikmah. Kata Pengantar diberikan oleh Damarjati Supajar dan Emha Ainun Nadjib.      

ARTIKEL

Cukup banyak artikel mengenai Tasawwuf karangan Pak Muh yang telah dimuat di berbagai media massa, di antaranya Tabloid HIKMAH Bandung, surat kabar SUARA MERDEKA Semarang dan HARIAN TERBIT Jakarta. Berikut adalah beberapa artikel karangan Pak Muh yang dimuat di media massa:

 

CERAMAH

Pak Muh juga sering diminta untuk mengisi ceramah di berbagai forum ilmiah dan pengajian. Meskipun cukup banyak ceramah beliau yang tidak terdokumentasikan, beberapa ceramah penting yang berisi konsep kesufian Pak Muh dapat anda baca di sini:

 

ESEI

Beberapa esei berupa cerita pendek yang sarat simbol-simbol Tasawuf juga pernah ditulis Pak Muh dan belum dipublikasikan di media massa:

 

KISAH SI UBAID

Sebuah rangkaian kisah berseri karangan Pak Muh pernah dimuat di surat kabar sore Harian Terbit. Seri tersebut bercerita tentang tokoh si Ubaid (yang artinya: hamba kecil) dengan berbagai pengalaman hidupnya saat merantau di kota metropolitan Jakarta:

 

ANEKDOT

Kumpulan anekdot lain juga pernah dimuat di surat kabar Suara Merdeka saat menyambut bulan Ramadhan 1416H:

 

PUISI

Pak Muh cukup sering menulis puisi, baik untuk dipublikasikan di media massa, atau hanya sekedar dibacakan di depan murid-muridnya. Puisi beliau selalu bernuansa sufistik, penuh simbol, dan mengandung hikmah yang dalam. Berbagai puisi beliau berikut dikelompokkan menurut waktu penulisannya, dan sebagian besar belum pernah dimuat di media massa:


JUDUL - INTRODUKSI - KARYA TULIS - FOTO ALBUM
YAYASAN - JADWAL - LINK