Bismillahirrahmanirrahim
INTRODUKSI

YAYASAN BARZAKH adalah sebuah organisasi Islam non-profit yang didirikan pada tanggal 11 Rabi’ulawal 1415H (27 Agustus 1994) oleh sekelompok intelektual muda Muslim untuk memberi wadah aktualisasi diri dalam masalah sosial, budaya, dan Islam.

Maksud dan Tujuan

Segala sesuatu yang tersebut diatas adalah dalam arti yang seluas-luasnya.

Kegiatan

Sejak tahun 1996, Yayasan Barzakh telah membuka pelayanan kepada masyarakat umum untuk menyembuhkan penyakit HIV/AIDS dengan metoda Penyembuhan Sufis.
Kami mengundang segenap persona dan organisasi yang menangani penyakit HIV/AIDS untuk bekerja sama membantu kami melaksanakan pelayanan ini.
Para penderita HIV/AIDS juga dapat menghubungi kami secara langsung.

Makna Nama Barzakh

Barzakh berasal dari bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai sebuah tanah genting atau batas yang tipis. Barzakh yang dimaksud adalah sebuah celah daratan atau tanah genting yang memisahkan dua samudera yang berlainan, tersurat dalan Al-Qur’an surat Al-Furqaan ayat 53 . Ta’wil ayat ini menurut seorang Sufi adalah bahwa dua samudera yang berlainan itu melambangkan samudera ‘kemutlakan Allah’ dan samudera ‘kenisbian alam’. Sedangkan tanah genting diantara dua samudera tersebut adalah melambangkan ‘seorang muslim’. Kemutlakan Allah dan kenisbian Alam akan selalu disadari dan selalu bersemayam dalam hati seorang Muslim. Sehingga dalam berkreatifitas dan beraktifitas di kehidupan, seorang Muslim walaupun sampai tubuh fisik bermandikan keringat darah, tetapi tubuh non-fisik (ruhani) selalu ‘sujud’ kepada-Nya untuk mendapatkan cinta-Nya.
Kisah pertemuan dua samudera diatas dapat diterangkan dalam kisah pertemuan Musa a.s dan Khidhr a.s dalam surat Al-Kahfi ayat 60-82 , dimana Musa a.s. melambangkan ‘kenisbian alam’ dan Khidhr a.s. melambangkan ‘kemutlakan Allah’.
Diharapkan nama Barzakh memberikan semangat Yayasan Barzakh untuk dapat terus berusaha ‘sujud’ kepada Allah besama-sama dengan terus berkarya untuk lingkungan.

Yayasan Barzakh
Muhammad Zuhri Penasihat
Andri Aryadi Ketua Umum
Buroqi Tarich Siregar Wakil Ketua
Michael Roland Sekretaris dan Bendahara
Pengurus:
Adriansyah Chaniago
Budi Supriatna
Candra Wisnuarka
Fathoni Aji
Hasyim Adnan
Ida Ayu Mustika Dewi
Renaldi
Ridha Rodiah
Sentot Prasetyo
Syampurna Chandra

Our contact address:
Jalan Bangka Raya no.18
Jakarta INDONESIA 12720
Phone: (62-21) 71790355
Fax: (62-21) 71790152
E-mail: yayasan@
barzakh.net

 


JUDUL - INTRODUKSI - STUDI TASAWUF - AKSI SOSIAL
PERAWATAN AIDS - PENYEMBUHAN SUFIS - MUHAMMAD ZUHRI
HOMEPAGE SUFI - HOMEPAGE AIDS - ENGLISH